• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Misteri Hilangnya Koloni Roanoke Terpecahkan?

 on 14 November 2016  



Untuk penggila misteri dunia tentu sudah tidak asing mendengar koloni Roanoke yang hilang dengan misterius. Menghilangnya koloni Roanoke memang menyisakan tanda tanya dan rasa penasaran dibenak jutaan orang terlebih lagi mereka para ahli sejarah maupun arkeolog, yang tak pernah berhenti mencari clues tentang bagaimana penduduk pulau roanoke dapat lenyap begitu saja. 
Seperti yang pernah kami tulis dalam blog ini misteri hilangnya koloni roanoke terpecahkan bisa jadi merupakan rangkaian menuju jawaban keingintahuan kita tentang kisah penduduk pulau roanoke.
Kita tentu sudah mendengar banyak teori bagaimana penduduk roanoke menghilang, tetapi banyak pula dari teori-teori tersebut tidak didukung dengan bukti akurat sehingga mengambang tak jelas begitu saja. Namun pada tahun 2015 national geographic memuat artikel mengenai dua tim peneliti independen yang mengklaim memiliki peninggalan arkeologis dan menjelaskan, beberapa dari penduduk roanoke yang ditinggalkan dapat bertahan sebab mereka membuat dua kubu yang membangun rumah dan berbaur dengan penduduk asli amerika. Seperangkat benda-benda eropa yang ditemukan peneliti yaitu gagang pedang, mangkuk inggris yang rusak, dan fragmen batu bertulis slate menunjukan bahwa ada koloni lain di hatteras island sekitar 80 kilometer sebelah tenggara dari pemukiman penduduk roanoke. 

Menurut Mark Horton seorang peneliti dari Universitas Bristol yang memimpin penggalian tim independen, bukti bahwa koloni roanoke berasimilasi dengan penduduk asli amerika terlihat dari peninggalan benda-benda yang mereka temukan. Sementara itu di albemarle sound dekat edenton, north carolina Nick Luccketti dari first colony foundation percaya bahwa kelompoknya telah menggali dan menemukan tembikar yang digunakan oleh penjajah yang hilang setelah mereka meninggalkan pemukiman di roanoke. Akan tetapi kedua tim tersebut agaknya masih skeptis mengenai temuan mereka dapat benar-benar memecahkan teka-teki misteri penduduk roanoke, karena akurasi waktu.
Margaret Dawson dan Suaminya yang pertama kali membangun Croatan Archeological Society yang kini mensponsori penggalian tahunan Horton sejak 2009. Lokasi penggalian ada di tengah hutan oak tidak jauh dari Pamlico sound, cape creek. Beberapa benda yang mereka temukan ialah manik-manik kaca venesia. Selama penggalian dua hari pada bulan juli ditemukan saringan yang dibuat oleh penduduk asli amerika serta benda peninggalan yang dibawa dari eropa termasuk tulang penyu dan rusa. Tembikar dan beberapa bagian dari senjata api abad ke 16 pun turut ditemukan.
Sebelumnya pada tahun 1998 arkeolog dari East Carolina University menemukan cincin emas 10 karat berukir singa atau kuda (samar) berjingkrak. Hal ini belum pernah ditemukan di amerika tempo dulu. Benda-benda yang kebannyakan bergaya eropa ditemukan di Cape Creek, semua penemuan disatukan dan diklasifikasikan keabad 16 dan abad 17. Horton berpendapat bahwa anggota koloni yang hilang di croatan mungkin menyimpan beberapa benda-benda pusaka mereka dan mengadopsi cara orang Indian.




(national geographic)
(history.com)
        

Misteri Hilangnya Koloni Roanoke Terpecahkan? 4.5 5 DanD 14 November 2016 Untuk penggila misteri dunia tentu sudah tidak asing mendengar koloni Roanoke yang hilang dengan misterius. Menghilangnya koloni Roanok...


18 komentar:

  1. Saya jadi lbih tau sblum nya sya blm tau artikel ini

    BalasHapus
  2. Artikel ini menambah wawasan saya tentang penelitian benda benda pusaka

    BalasHapus
  3. Artikelnya cukup bagus,menarik.. Tidak mengecewakan , dapat untuk menambah wawasan dalam menjaga barang ..

    #XI_TKJ
    OLIVE #

    BalasHapus
  4. Artikelnya sangat bagus,menarik dan tidak mengecewakan bagi generasi muda karena menambah wawasan dan ilmu untuk generasi muda yang sekarang dalam mejaga barangbarang benda pusaka


    #Xl_Ap1
    Maulida Karistiawaneva

    BalasHapus
  5. Wow misteri koloni roanoke akhirnya ditemukan barang barang kuno zaman dulu yang sangat berharga akhirnya ditumukan semoga barang barang kuno bisa ditemukan dan semua mistere yang ada didunia bisa dipecahkan


    #XI_TKJ
    Abdul Rohman

    BalasHapus
  6. Artikel ini untuk menambah ilmu pengetahuan saya

    Ilham XI AP 2

    BalasHapus
  7. Artikel nya keren , benda-benda bergaya eropa di temukan di cape creek.

    #Yusril
    XI_AP1

    BalasHapus
  8. Artikelnya Bagus menarik menambah wawasan kita sehingga lebih byk mengetahui wawasan

    Elsa Putri
    Xl ap1

    BalasHapus
  9. Jadi nambah ilmu baca artikel ini , Tembikar dan beberapa bagian dari senjata api abad 16 di temukan .

    #Ratu aulia salsabila
    XI_AP1

    BalasHapus
  10. Jadi nambah ilmu baca artikel ini , Tembikar dan beberapa bagian dari senjata api abad 16 di temukan .

    #Ratu aulia salsabila
    XI_AP2

    BalasHapus
  11. artikelnya sangat bagus dan menarik untuk di baca dan mengajarkan kita tentang hal positif


    YUKE SAFITRI
    XI AP2

    BalasHapus
  12. Partikelnya bagus menarik untuk dibaca sehingga menambah wawasan saya.

    #m.adjie rizky
    X1 ap2
    Pak saya minjem email ilham soalnya email saya kata sandinya lupa pak...

    BalasHapus
  13. Artikelnya bagus ,keren untuk menambah pengetahuan yang baik.


    Riska putri aulia
    Xlap1

    BalasHapus
  14. Artikelnya bagus ,keren untuk menambah pengetahuan yang baik.


    Riska putri aulia
    Xlap1

    BalasHapus
  15. Artikelnya sangat bangus,dapat menambah wawasan tentang sejarah
    #Novita putri iriyanti
    XI Ap 2

    BalasHapus
  16. Aritikelnya bgs menambah ilmu .wawasan bagi kita generasi muda sebagai penerus bangsa yang tau sejarah Indonesia di zaman kuno

    #Novita damayanti
    Xl ap1

    BalasHapus
  17. aetikelnya bagus dan menarik ,menambah ilmu dan wawasan lebih luas lagi:)

    Mutiara pratiwi
    Xl ap 1

    BalasHapus
  18. Artikelnya menarik,bagus dan dapat menambah ilmu buat saya

    Annisa nur.A (XII JB )

    BalasHapus

Pembaca yang bijak selalu meninggalkan jejak dengan berkomentar.
REGARDS

Terima Kasih Telah Datang

J-Theme