• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Mengenal Zona Sunyi

 on 12 April 2016  

Membahas tentang teori konsprasi kita seakan diajak memilah berbagai macam legenda urban yang banyak tersebar di dunia. Rasa penasaran kita akan hal tersebut membuat tak sedikit orang terbuai dalam imajinasi-imajinasi mereka sendiri. Begitu pula dengan Zona Sunyi yang sudah lama menjadi buah bibir dikalangan mereka penikmat teori konspirasi. Mulai dari garis-garis nazca yang konon dibuat oleh para alien, lalu apakah kita semestinya percaya bahwa alien mampu membuat beberapa struktur arkeologi di dunia? untuk menunjukan eksistensinya? entahlah, karena bukan itu yang akan kita bahas.

Apa itu zona sunyi? sebuah gurun tandus yang berada di daratan mexico. Terdengar biasa saja bukan. Tentu bila kita hanya sekedar melihat dari kalimat diatas sebagai satu-satunya fakta. Namun nyatanya di zona sunyi kompas tidak dapat bekerja, gelombang radio dan sinyal tv berantakan tak dapat menerima gelombang. Pasti kita pun akan berpikir lain. Hal ini terjadi bukan setahun dua tahun melainkan berpuluh-puluh tahun lamanya.
Zona Sunyi atau la zona el silencio merupakan nama tenar dari suatu wilayah gurun di dekat bolson de mapimi - mexico. Daerah ini terletak diantara negara bagian durango, chihuahua, dan coahuila. Melintang paralel di kilometer 26-28 pada tempat yang dikenal sebagai trino vertex.
Zona Sunyi pertama kali terindentifikasi pada tahun 1930 oleh seorang pilot bernama Fransisco Sabaria. Saat ia mengklaim radionya berhenti bekerja dan instrumen pesawat pun berputar serampangan. Kemudian Sabaria menyimpulkan bahwa ada medan elektromagnetik yang kuat di darat sehingga pesawat yang ia terbangkan sempat error.

Kemudian pada tahun 1970 amerika yang sedang menguji coba rudal di west missile base dekat new mexico dibuat kaget, karena rudal yang mereka luncurkan mendadak jatuh diarea zona sunyi. Karena dirasa tak ada kesalahan teknis pada rudal, pihak AU amerika pun menyelidiki lokasi jatuhnya rudal tersebut. Dimulai dari penyelidikan ini di dapati bahwa dalam zona sunyi gelombang radio tak dapat berfungsi, menciptakan sebuah zona gelap yang tidak dapat ditembus oleh sinyal tv, microwave sampai satelit sekalipun. Selanjutnya barulah penilitian-penilitan ramai dilakukan di zona sunyi.
Sejak saat itu pemerintah mexico menempatkan sebuah komplek penelitian disana. Tempat dimana ilmuan-ilmuan ini melakukan penelitian disebut biosfer. Tujuan utama dari fasilitas ini ialah mengamati tanaman dan hewan hidup yang berada di zona sunyi.
Sementara itu penelitian telah menunjukan bahwa mungkin ada beberapa anomali alam yang terkait dengan wilayah tersebut. Seperti tingginya kadar medan magnetik dan aktivitas meteorit sisa-sisa hujan meteor zaman dahulu pun ditemukan oleh para ilmuan disana. Terlepas dari berbagai rumor-rumor lain meliputi Zona Sunyi akan kita bahas lain kali. 


Source:
(crystalinks.com)
(howstuffworks)

Mengenal Zona Sunyi 4.5 5 DanD 12 April 2016 Membahas tentang teori konsprasi kita seakan diajak memilah berbagai macam legenda urban yang banyak tersebar di dunia. Rasa penasaran kit...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembaca yang bijak selalu meninggalkan jejak dengan berkomentar.
REGARDS

Terima Kasih Telah Datang

J-Theme