• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Pasukan Cambyses yang Hilang 2.500 Tahun, Ditemukan

 on 30 Maret 2016  



Cambyses II the son of cyrus merupakan salah satu emperor dari wilayah Persia yang menjabat sekitar 520 tahun sebelum masehi. Pada tahun 525 sebelum masehi Cambyses menyerang mesir kemudian memerintah dengan lalim disana. Sehingga banyak penduduk mesir membencinya. Begitu pula di Persia Cambyses juga tidak disukai rakyat yang akhirnya berujung pemberontakan dan merenggut nyawa Cambyses. Dibalik itu ada sebuah kisah menarik sebelum kematiannya, Cambyses mengirim 50.000 pasukan ke sebuah desa bernama Siwa ditengah gurun sahara. Banyak spekulasi bermunculan tentang alasan apa yang membuat Cambyses rela mengirim 50.000 bala tentaranya ke padang pasir dengan cuma-cuma. 

Patut diketahui bahwa 50.000 pasukan Cambyses membawa peralatan lengkap seperti, tombak, pedang, dan sejumlah peralatan perang canggih pada masa tersebut. Namun yang paling aneh adalah 50.000 pasukan itu hilang tanpa bekas seakan ditelan gurun sahara. Para ahli seperti arkeolog berusaha mencari jejak peninggalan dari 50.000 pasukan Cambyses, bahkan ada pula turis yang ikut meramaikan pencarian peninggalan yang diperkirakan memiliki nilai historis tinggi ini.  Akan tetapi pencarian mereka nihil tanpa hasil dan pasukan Cambyses pun masih belum ditemukan selama lebih dari 2.500 tahun.
Seperti kebanyakan cerita misteri lain banyak analisa bermunculan mulai dari tersasarnya pasukan itu ditengah gurun lalu tiba di Zimbabwe dan mendirikan kerajaan disana sampai penculikan massal oleh alien. Kurangnya bukti fisik membuat analisa-analisa ini pun hanya sekedar berlalu begitu saja.

Barulah pada tahun 2012 sebuah artikel  berjudul Vanished Persian Army Said Found in Desert  yang diterbitkan oleh national geographic memberikan cahaya terang untuk kasus ini. Dua orang arkeolog dari University of Lecce - Italia yang sedang mencari bukti fisik dari sejarah kejayaan Herodotus menemukan berbagai benda berupa senjata perunggu, gelang perak, anting-anting, dan ribuan tulang belulang manusia di tengah gurun sahara. Mereka pun lantas mengira ini adalah peninggalan pasukan yang hilang selama 2.500 tahun. Selanjutnya mereka membentuk tim lalu melakukan penelitian disana. Hasil penelitian mereka menyatakan bahwa itu adalah sisa-sisa 50.000 pasukan Cambyses yang hilang diterjang badai gurun parah dalam perjalanan mereka yang mana menyebabkan semua pasukan tersebut terkubur dalam pasir.  Menurut catatan Herodotus (484-425 SM) Cambyses mengirim 50.000 pasukan dari Thebes untuk menyerang Oasis Siwa di Gurun Sahara serta menghancurkan oracle kuil amun setelah tetua disana menolak penyatuan daerahnya dibawah Mesir.
Berikut adalah catatan Herodotus dalam bahasa inggris:
“A wind arose from south, strong and deadly, bringing with it vast columns of whirling sand, which entirely covered up the troops and caused them wholly to disappear”.



Source:
(nationalgeographic)

Pasukan Cambyses yang Hilang 2.500 Tahun, Ditemukan 4.5 5 DanD 30 Maret 2016 Cambyses II the son of cyrus merupakan salah satu emperor dari wilayah Persia yang menjabat sekitar 520 tahun sebelum masehi. Pada tah...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembaca yang bijak selalu meninggalkan jejak dengan berkomentar.
REGARDS

Terima Kasih Telah Datang

J-Theme