• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Jejak peradaban Anasazi

 on 2 Januari 2014  

Istilah anasazi pertama kali diperkenalkan oleh terminologi melalui sistem Pecos. Pada tahun 1927, arkeolog Linda Cordell  memulai etimologi kata dan memakai nama “Anasazi” yang berarti telah datangya orang-orang kuno. Dalam arti lain anasazi juga berarti Navajo atau nenek moyang musuh. Istilah ini dikenal saat reruntuhan mesa verde oleh Richard Wetherill, seorang peternak dan pedagang yang pada tahun 1888-1889 menjadi penjelajah pertama didaerah itu. Budaya Anasazi muncul, di Amerika Serikat selatan, barat. jauh sebelum orang kulit putih tiba dan meninggalkan sejumlah besar bukti arkeologi.hal Itu bisa dilihat sekarang di wilayah Four Corners, dilintasi oleh perbatasan modern dari empat negara bagian Arizona, New Mexico, Utah dan Colorado.
Pusat utama kebudayaan ini berada di Chaco Canyon di mana banyak desa batu masih ada, yang dikenal sebagai Casas Grandes dengan beberapa kiva , tempat pertemuan suci di mana penduduk asli berkumpul untuk merayakan ritual mereka. Budaya Anasazi,  perlahan-lahan dikembangkan dan disebut Chacoan Fenomena, menunjukkan puncak untuk populasi ini antara 1050 dan 1125 AD Sekitar waktu itu Anasazi membangun beberapa jalan, kadang-kadang panjangnya mencapai 9 meter. Ini mencapai 300 km dari luar Chaco Canyon, mungkin hal ini yang mereka lakukan untuk  menghubungkan desa-desa dan situs ritual utama dalam satu bentang lurus panjang. Yang paling terkenal di antara jalan-jalan itu adalah Great North Road yang membentang selama lebih dari 20 km menuju tepat ke arah selatan.

Migrasi
Pada penyerangan beberapa waktu kemudian oleh orang Atapasca, yaitu Navajo dan Apache, memaksa penduduk anasazi ini untuk mencari perlindungan ke banyak batu yang terlindung di desa yang hingga kini masih dapat kita lihat misalnya, pada Cliff Palace di Mesa Verde, dan di banyak tempat di sepanjang Canyon de Chelly dan daerah lainnya. Akhirnya, sekitar tahun 1125 di daerah Chaco, terjadi wabah kelaparan yang mengerikan dan wabah tersebut berulang kali muncul, memaksa mereka untuk sebagian pindah ke utara ke daerah reruntuhan Aztec,  Reruntuhan Solomon dan tempat-tempat lain di New Mexico yang berada jauh di utara. Di tempat itu bangsa anasazi tetap kesulitan dan kelaparan yang pada akhirnya mendorong orang-orang Anasazi untuk kembali bermigrasi, dari daerah Aztec,  sekitar 1275  setelah perjalanan yang sangat panjang , mereka pun menempati sebuah daerah yang disebut Casas Grandes,tempat ini sekarang berada di daerah meksiko, lebih dari 620 km sebelah selatan dari Chaco Canyon. Keturunan utama penduduk anasazi sekarang menjadi Hopis yang tinggal di Arizona, bersama-sama dengan Zunis, Acomas dan Pueblos dari New Mexico.

Astronomi
Banyak peneliti bingung oleh masalah ini : bagaimana suku Anasazi kuno bisa mengikuti keselarasan yang tepat sepanjang meridian selama lebih dari 600 km? Alat apa yang mereka gunakan? Lebih tepatnya kita harus mengesampingkan bahwa mereka menggunakan kompas. sementara bergerak dari Chaco Canyon, lalu menuju ke utara dan kemudian ke selatan. Tanpa instrumen kompas  dan lebih jauh lagi , meskipun kita mengakui bahwa mereka bisa memiliki kemungkinan ini, kesalahan yang signifikan karena instrumen ini akan mencegah mereka menempatkan tempat dari empat desa : Chaco Canyon, Reruntuhan Solomon, reruntuhan Aztec di utara dan Casas Grandes ke selatan. Tidak diragukan lagi mereka harus menggunakan beberapa pengamatan astronomi berdasarkan posisi langit Kutub Utara, karena gnomon yang menggunakan Matahari juga tidak diketahui oleh orang-orang ini. Sangat mudah untuk membayangkan sebuah keselarasan untuk teori tiang, namun kita harus mempertimbangkan bahwa  pada saat migrasi Anasazi, bintang kutub, karena presesi ekuinoks agak jauh dari kutub Utara dan tidak bisa menjadi dasar yang cocok untuk penyelarasan yang tepat dan panjang. Yang kemudian bisa menjadi metode mereka untuk menunjuk arah? Sayangnya kami tidak memiliki dokumen apapun untuk menjawab pertanyaan itu, kita hanya bisa mencoba untuk membayangkan beberapa metode yang sangat sederhana mungkin konsisten dengan budaya dari orang-orang anasazi.


(pages.towson.edu)
(wikipedia)
(anasazi.org)

Jejak peradaban Anasazi 4.5 5 DanD 2 Januari 2014 Istilah anasazi pertama kali diperkenalkan oleh terminologi melalui sistem Pecos. Pada tahun 1927, arkeolog Linda Cordell  memulai etimolog...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembaca yang bijak selalu meninggalkan jejak dengan berkomentar.
REGARDS

Terima Kasih Telah Datang

J-Theme