• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Peristiwa MALARI (1974)

 on 9 Maret 2012  

15 Januari 1974  terjadi sebuah peristiwa yang disebut  MALARI ( malapetaka lima belas januari ) .Pada zaman pemerintahan orde baru saat itu.
 
Mahasiswa dan pribumi turun kejalan menentang kedatangan PM Jepang Kukei Tanaka yang akan melangsungkan pertemuan empat mata dengan presiden Soeharto kala itu, pendemo menyerukan penolakan investasi negeri sakura tersebut ke indonesia, para demonstran kala itu melakukan pengerusakan terhadap Produk buatan negeri Sakura . Motor dan mobil digulingkan serta dibakar di jalan raya Senen oleh masa bahkan di kawasan Harmoni motor buatan Jepang di tenggelamkan ke dasar kali Ciliwung.

Tak sampai disitu saja, aksi mereka pun berlanjut dengan menjarah proyek pasar Senen,dan melakukan pembakaran disana hingga menimbulkan korban jiwa.

Hal ini memicu di tangkapnya Hariman Siregar( tokoh politisi )sebagai dalang peristiwa MALARI, demikian pula dengan Syahrir ( mantan staff wakil tim presiden bidang ekonomi).

Mantan Presiden Soeharto, lantas mecabut SIT ( surat izin terbit ) terhadap beberapa media massa harian seperti ( pada tahun itu ) The Jakarta Times, harian Nusantara, KAMI dan Universitas di Jakarta pun ditutup sementara pada saat itu. Aksi demo mahasiswa pun terhenti sejak peristiwa itu.

Source : Wikipedia, Antara

Peristiwa MALARI (1974) 4.5 5 DanD 9 Maret 2012 15 Januari 1974  terjadi sebuah peristiwa yang disebut  MALARI ( malapetaka lima belas januari ) .Pada zaman pemerintahan orde baru saat itu...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembaca yang bijak selalu meninggalkan jejak dengan berkomentar.
REGARDS

Terima Kasih Telah Datang

J-Theme